CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Wednesday, March 13, 2013

Nyontek? Malu ga?


Mulai dari SD, SMP, SMA. Murid mana sih yang ga pernah mencontek? Ga banyak juga sih yang jujur ga pernah mencontek. Terutama waktu Ujian Nasional nih, hayoo siapa yang suka nyontek/Open book?
Bukan nyontek sih (menurut mereka) tapi nanya sama temen, soalnya kalo nyontek pasti tengok sana-sini tanpa sepengetahuan orang dicontek. Bener kan? Tapi ngetrendnya sih masih disebut ‘mencontek’ namanya.
Setiap ujian ataupun itu ulangan harian, pasti selaluuuuuuuu bangeeeeet ada yang nyontek. Padahal mereka udah belajar sebelumnya. Yaaahh sayang dong yah udah belajar mati-matian tapi akhirnya lewat jalan pintas, gausah belajar aja sekalian!
Banyak sih cara-cara dapat jawaban semacam nyontek yang saya tau. Contohnya (JANGAN DITIRU) :
1.   Nanya ke temen lain
2.   Saling tuker jawaban
3.  Open book
4.   Foto materi-materi yang bakalan diulanganinnya, terus ada yang dijadiin ava twitter/ di post-in ke twitter/ di simpen di folder foto handphone
5.  Nge-BM / nge-sms
6.   Buka catatan materi yang disimpan di handphone
7.  Tulis contekan materinya di kertas kecil terus diselipin ditempat-tempat tertentu kayak upil gitu deh..
8.   Ditulis di tangan pake pulpen , kayak tatto gitu ceritanya
9. Searching ke internet, terutama ke om google adapula yang ke wikipedia. Itu pun kalo jago nyembunyiin handphonenya, ada yang di sembunyiin di saku baju, di kolong meja, di jacket, malahan saking takutnya ketauan ada juga yang di dudukin dibawah pantat (ya ampun saking niatnya...-_-) wah lebih untung lagi tuh kalo di sekolahnya disedian Wi-Fi, seaching sepuasnya dong tanpa mengeluarkan pulsa -_- (parah!)

Dari ke 9 cara tadi, mana coba yang paling sering kalian lakuin? Semuanya kah?

Yang saya tau sih cuman segitu, tambahin sendiri deh kalo tau ada cara lain dalam mencontek. Saya sendiri sih pernah diantara ke 9 opsition tadi, duluuu!. Tapi ga semuanya jugaaa -_-
Seorang siswa nyontek itu pasti di sesuain sama pengawasnya, kalo pengawasnya killer sih nihil banget kesempatan buat nyonteknya.
Jaman kayak gini kalo siswa bakalan ujian tuh yang dilihat dan ditakutin itu bukan pelajarannya, melainkan pengawasnya. Wkwkwk unik yah jaman sekarang.
Pernah ga kalian ngerasa ga puas alias nyesel setelah ngelihat hasil ulangannya bagus bangeeeeet tapi bukan hasil dari kemampuan diri sendiri? (tanya diri sendiri)
Hati-hati loh kalo kalian ga perasaan nyesel mungkin kalian memang calon koruptor=))

Mencontek itu dosa ga ya?
Kayaknya sih dosa, kan sama aja kayak ngebohongi diri sediri dan orang lain dengan hasil yang bukan semestinya milik kalian. Berarti mencontek itu mengejar dunia, bukan akhirat. Dapet nilai gede hasil curang, niatnya buat apa coba? Buat dapet pujian kah? Atau strategi biar dapet ranking? Atau suapaya ga di remed?

 “Kalo Ujian tetep ga jujur, sekalian aja gausah sekolah. Percuma bertahun-tahun sekolah dan ngehabisin uang orang tua tapi hasilnya bullshit. Malu gaaa? Ga kasihan sama orang tua kalian kalo ternyata belajar kalian itu sia-sia?“

Menurut beberapa orang sih gitu..

Contoh kasus :
si X dapet nilai 100 tapi ga jujur/curang, sedangkan si A dapet nilai 80 hasil sendiri, pure tanpa curang.

Sakit hati ga?
Hati-hati loh kalo sampe ada orang yang sakit hati.

Hahaha, saya bukan sotoy yah. Tapi saya bicara sesuai logika saja dari hasil survey ;)

Ayo belajar jujur, percaya sama kemampuan diri sendiri!!!
Do it right now!!!
Sekali nyontek, godaannya nyontek keterus-terusan loh. Hati-hati!

0 komentar:

Post a Comment