CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Saturday, April 13, 2013

Tips-tips persiapan menghadapi UN

Aloha.. gimana nih persiapannya yang bakalan ngelaksanain UN?
Udah pada siap pasti yaaaah..
Nah kawan kali ini saya bakalan berbagi tips buat yang mau ngehadapin UN alias Ujian Nasional.
Check it out~

1.       Jangan banyak main
Main sih boleh boleh aja tapi jangan terlalu keseringan, nanti lupa sama belajar dan mungkin aja sampe lupa juga tuh kalo bentar lagi UN. Bahaya bangetkan!

2.       Lebih banyak istirahat, tapi jangan berlebih
Nah ini penting, lain kali tuh otak distirahatin dulu jangan keseringan dipake mikir terus, kasihaaan. Gawat banget kan kalo tiba-tiba otak kita ga connect karena kehabisan quota pada saat UN gara-gara keseringan dipake sebelum hari H *lol. Satu lagi! Jangan terlalu sering belajar pake metode “sistem kebut semalam” ga baik! Kan harus istirahat, kalo malem otak kita lelah dan lebih baik distirahatkan tidur jangan terlalu malam.

3.       Banyak berdo’a dan ibadah sama Allah
Kalo ini sih mungkin sebagai penyeimbangnya juga sebagai pelumas. Usahaaa aja terus ibadahnya mana? Nah harus dimbangin makanya.

4.       Banyak berbuat baik sama semua orang terutama pada orang tua
Inget pepatah ini “ridha Allah terletak pada ridha orang tua” naaahh berbuat baik terus tuh sama kedua orang tua kalian, biar semuanya di tuntun sama Allah supaya lancar UN-nya. Tapi jangan Cuma saat akan UN doang juga kali.... setiap hari lah kalo bisa bukan karena ada factor X-nya tapi harus ikhlas lillahita’ala.

5.       FOKUS!
Ini yang paling utama, fokus dulu sama yang udah di depan mata ‘UN’. Jangan dulu mikir kemana-mana, ntar stres loh.

6.       Sering belajar di waktu dini hari
Catet! Nih waktu yang tepat! Menghafal di waktu dini hari alias shubuh sekitar pukul 02.00 s.d 04.00 tuh hapalan bakalan lebih cepet diinget loh! Ayooo sesering mungkin menghafal di dini hari.

7.       Jangan sampe punya masalah dan jangan sampe cari masalah apalagi buat masalah.
Stop dulu deh silahturahmi sama si masalah-nya, lost contact aja kalo bisa. Kalo kita banyak masalah otomatis belajar kita juga bakalan ke ganggu terus.

8.       Break pacaran
Ini sih bisa jadi ganggu juga, untungnya kalo si pacar ngerti kalo kamu bakalan UN, lah kalo ga ngerti bisa ganggu mulu tuh diajak pacaran terus. Kalo buat penyemangat sih boleh aja.

9.       Jangan terlalu kepikiran sama hari H
Disini nih yang ngebuat peserta UN agak stres. Mereka sering ngitung waktu, harusnya belajar ya belajar aja. Daripada ngitung waktu yang malah ngebuat kita tambah deg-degan kan malah tambah nervous. Tapi kalo untuk mengingatkan kesiapan kita sih boleh-boleh aja asal jangan terlalu berlebihan.

10.   Di hari H : siapin semuanya bener-bener mateng.
Ini juga penting banget. Mulai dari kesiapan mental, pengetahuan, dan kondisi  pun harus tetep disiapin mateng-mateng. Peralatan buat UN juga harus disiapin, jangan sampe minjem ke temen sebelah. Jangan lupa juga bawa cadangan pensil, penghapus, dan pulpen, ah pokoknya yang kayak gituan deh. Biar mantep aja gitu.. gitu gitu juga ngaruh ko :p

10 point cukup kali yaaa, segitu dulu aja deh... 
semoga ada manfaatnya..
sukses buat UN-nyaa, buat anak SMA semoga SMPTNnya juga lulus, dan buat anak SMP semoga masuk ke SMA pilihannya masing-masing O:)  aamiin.

wish you get lucky! :)

0 komentar:

Post a Comment